
Cut Hanti | HSE Consulting, Senior Business Consultant
Friday, 13 Jan 2023 14:23Contoh Soal NORMA K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN Bagian 2

Gambar Ilustrasi Contoh Soal NORMA K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN Bagian 2
Berikut Contoh Soal NORMA K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN. Ada 3 bagian dari Contoh Latihan ini
Simak Semu ya. Semoga Sukses Ujiannya
16. Bejana Uap tdk dengan cairan dibawah tekanan yang dipakai di perusahaan wajib memiliki AI untuknya kecuali ;
a. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter) < 600
b. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter ) > 600
c. Jawaban a dan b salah semua.
d. Jawaban a dan b benar semua.
17. Bejana Uap dengan cairan dibawah tekanan yang di-
Pakai di perusahaan wajib memiliki AI untuknya, kecuali ;
a. Wp ( Kg/Cm2) x volume ( liter ) < 300
b. Wp ( Kg/Cm2) x volume (liter ) > 300
c. Jawaban a dan b benar semua.
d. Jawaban a dan b salah semua.
18.Suatu unit Ketel Uap yang memiliki AI yang syah dan berkapasitas 10 Ton Uap/jam atau kurang, hanya boleh dioperasikan oleh Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat dari Dirjen Binwasnaker, yaitu ;
a. Sertifikat Oprt.Pesawat Uap Kelas II
b. --------------,,----------- Kelas I.
c. --------------,, ---------- Kelas III.
d. --------------,,----------- Kelas IV
19.Suatu unit Ketel Uap yang memiliki AI yang syah dan
berkapasitas > 10 Ton Uap/jam, hanya boleh dioperasikan oleh Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat dari Dirjen Binwasnaker, yaitu ;
a. Sertifikat operator kelas I.
b. ---------------,,--------- II.
c. ---------------,,---------III.
d. ---------------,, -------- IV.
20. Untuk Ketel Uap darat harus diriksa-ujikan
Ulang/berkala kepada yg berwenang minimal
a. Sekali setiap 2 tahun.
a. Sekali setiap 1 tahun.
b. Sekali setiap 3 tahun.
c. Sekali setiap 4 tahun.
21.Untuk Ketel Uap Kapal harus diriksa-ujikan berkala
Kepada yang berwenang minimal ;
a. Sekali setiap tahun.
b. Sekali setiap 2 tahun.
c. Sekali setiap 3 tahun.
d. Sekali setiap 4 tahun.
22. Untuk Ketel Uap Lokomotif yang saat ini banyak
Di pakai di Pabrik CPO,harus diriksa ujikan berkala
Kepada yang berwenang minimal ;
a. Sekali setiap 3 tahun.
b. Sekali setiap 2 tahun.
c. Sekali setiap 1 tahun.
d. Sekali setiap 4 tahun.
23. Untuk Pesawat Uap selain boiler, misal Bejana Uap,
yang dipakai di BUMN atau Swasta harus diriksa ujikan kepada yang berwenang minimal ;
a. Sekali setiap 4 tahun.
b. Sekali setiap 5 tahun.
c. Sekali setiap 3 tahun.
d. Sekali setiap 2 Tahun.
24. Air receiver tank ( bejana angin compressor ) yang
Dipakai di BUMN/Swasta harus diriksa-ujikan kepada yang berwenang, minimal ;
a. Sekali setiap 5 tahun dan jika isinya Chlorine (campuran/senyawa dg Chlorine ), minimal sekali tiap 2 tahun.
b. Sekali setiap 3 tahun.
c. Sekali setiap 4 tahun.
d. Sekali setiap 1 tahun.
25. Pengujian pertama dari suatu Pesawat Uap adalah ;
a. Pengujian sebelum Pesawat Uapnya ditembok atau dipasang isolasi.
b. Dalam rangka penerbitan Akte Izinnya.
c. Setelah memiliki AI.
d. Jawaban c salah.
26. Tingkap pengaman ( Safety Valve) pada Ketal Uap
Berungsi ;
a. Membuang uap secara otomatis jika tekanan uap dalam Pesawat uapnya telah melebihi WP yang diizinkan dalam AI nya.
b. Menunjukkan suhu uap.
c. Menunjukkan tekanan uap.
d. Menunjukkan tinggi permukaan air dalam Ketel.
27. Kekurangan air pada Ketel Uap dapat mengakibatkan
a. Terjadinya over heating pada material
b. Terjadinya pelemahan pada material.
c. Terjadinya perubahan bentuk pada material.
d. Jawaban a, b ,c benar.
28. Penerbitan AI dulunya diterbitkan Depnaker Pusat, tetapi sejak 1988 dan sebelum Otoda dikeluarkan oleh :
a. Disnaker Propinsi
b. Disnaker Kota/Kab.
c. Kantor Camat.
d. Balai K3 Depnakertrans.
29. Sejak Otoda, AI Pesawat Uap menurut Per.UU, dapat diterbitkan oleh ;
a. Disnaker Kota/Kab.untuk yang dipakai di satu lokasi.
b. Disnaker Propinsi untuk yang dipakai rental antar
Kota /Kabupatan.
c. Depnaker pusat untuk yang dipakai rental antar propinsi.
d. Jawaban a, b dan c benar.
30. Ketel uap tekanan rendah harus diberi apendages,sbb
a. Gelas pedoman air, pompa air pengisi, pipa pengaman, kerangan pembuang,pelat nama.
b. safety valve
c. alarm
d. tingkap pengamanan
Demikian Contoh Soal NORMA K3 PESAWAT UAP & BEJANA BERTEKANAN Bagian 2. Simak ke Bagian 3 ya
About the author

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis berpengalaman yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan dan pengusaha dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang kuat, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
Pengalaman:
Cut Hanti telah bekerja sebagai konsultan bisnis selama lebih dari 10 tahun. Selama karier profesionalnya, ia telah bekerja dengan berbagai perusahaan, mulai dari startup hingga perusahaan besar, di berbagai sektor industri. Pengalaman luas ini membantu Cut Hanti memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh berbagai jenis bisnis.
Jasa Konsultasi:
Sebagai seorang konsultan bisnis, Cut Hanti menawarkan berbagai jasa konsultasi, termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, manajemen operasional, dan pengembangan bisnis secara keseluruhan. Ia bekerja erat dengan klien untuk memahami kebutuhan unik mereka dan menyusun rencana yang sesuai untuk mencapai kesuksesan bisnis.
Penulis Artikel di hse.co.id:
Selain menjadi seorang konsultan bisnis, Cut Hanti juga berbagi pengetahuannya melalui menulis artikel untuk hse.co.id. Dalam tulisannya, ia berbagi wawasan, tips, dan informasi berguna tentang memulai dan mengelola bisnis, serta berbagai aspek lain yang berkaitan dengan dunia bisnis.
Komitmen:
Cut Hanti sangat berkomitmen untuk membantu klien mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka. Ia percaya bahwa dengan pendekatan yang tepat dan strategi yang baik, setiap bisnis memiliki potensi untuk berkembang dan mencapai hasil yang menguntungkan.
Tim kami siap membantu Anda untuk mendapatkan SIA Surat Ijin Alat & SIO Surat Ijin Operator
Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami
Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan tentang perizinan dan pembuatan SIA Surat Ijin Alat & SIO Surat Ijin Operator/p>