Motor Grader

Motor Grader

Gambar Ilustrasi Motor Grader

Motor grader ialah alat berat yang mempunyai tiga pasang roda. Attachment dipasang
diantara roda pertama dan roda kedua berupa blade dan roda kedua berupa blade dan
scarifier (garpu).
Blade untuk memotong atau hanya mendorong, sedangkan scarifier berguna untuk
menggaruk. Bila tanah atau badan jalan yang akan digaruk terlalu keras, maka pekerjaan
dilakukan dengan memakai ripper yang dipasang dibelakang badan grader.
Dua pasang ban yang dibelakang menumpu badan grader dan membutuhkan traksi yang
kuat, sedangkan ban pertama yang terdepan hanya untuk menopang dudukan attachment
dan berfungsi sebagai pengatur arah gerakkan dan dapat dimiringkan untuk menunjang
keefektifan operasi. Kadang-kadang (untuk motor grader kecil) ban depan lebih kecil
daripada ban belakang.

Untuk efisiensi kerja, pada motor grader yang besar, terdapat articulated steering, artinya
bila alat tersebut belok, badannyapun dapat turut patah menunjangnya sehingga radius
belok mengecil.

Struktur Motor Grader
Bagian-bagian yang terdapat pada motor grader ialah :
1. Mesin penggerak
2. Sistem hidrolik
3. Attachment
4. Rangka
5. Roda

Penjelasan
1. Mesin penggerak berupa mesin diesel dengan turbo berkekuatan antara 100 hp-200 hp.
Bagi grader khusus ada yang sampai 500 hp. Fungsi mesin ialah untuk menggerakkan
unit dengan traksi yang cukup dan menggerakkan attachment melalui sistem hidrolik.
2. Sistem hidrolik berfungsi menerima tenaga dari mesin untuk selanjutnya disalurkan blade
dimiringkan kekanan untuk membikin saluran sedangkan roda depan juga perlu
dimiringkan untuk menunjang gerakan tadi.
3. Attachment yang dapat dipasang pada motor grader berapa blade, scarifier dan ripper.
Scarifier dipasang dibelakang roda depan, sedangkan ripper dibelakang road belakang
karena memerlukan dudukan yang lebih kokoh.
4. Rangka, merupakan tempat dipasangnya attachment, dudukan mesin dan tempat kabin
operator. Rangka yang kokoh dan proporsional akan meningkatkan kinerja operator
dengan peralatannya.
5. Roda terdepan berfungsi membawa arah sesuai gerakan dan menunjang operasi dengan
miring kekiri atau kekanan sesuai dengan kebutuhan. Karena merupakan roda yang
didorong, maka kembang ban yang terdapat padanya harus mempunyai arah yang
berlawanan dengan kembang ban yang belakang yang memberikan traksi. Kembang ban
pada roda traksi diusahakan masuk kedalam tanah untuk agar sekuat-kuatnya
mencengkeram tanah. Pada pemasangan ban hal ini sering kurang mendapat perhatian.

Pemakaian
Motor grader dipakai untuk menghampar batu pecah dari gundukan-gundukan kerucut yang
berjajar ditepi badan jalan.
Selain itu peralatan tersebut dapat dipakai pula untuk membentuk badan jalan yang masih
berupa subgrade (tanah padat) dari parit sebelah kiri, badan jalan dan parit sebelah kanan,
malah dapat pula memotong tebing, bila badan jalan melalui tepi bukit.
Yang perlu diperhatikan pada waktu operasi ialah waktu blade menonjol keluar (misalnya
kekiri) dan motor grader tersebut belok kekiri. Untuk peralatan tersebut yang articulated
(patah badan) ada kemungkinan blade yang menonjol keluar tali menyentuh roda kedua
sehingga dapat memecahkan bannya.
Perlu diingatkan bahwa musuh utama mesin itu ialah debu, apalgi kalau sedang
menghampar batu pada badan jalan, debu-debu itu abrasif. Untuk menanggulangi dampak
tersebut diatas, maka diperlukan pengawasan yang ketat tentang kebersihan solar yang
masuk, penggantian filter-filter udara dan bahan bakar.
Selesai beroperasi, mesin motor grader memerlukan pendinginan dulu sebelum
dimatikan.

SIO maupun SIA merupakan kedua hal yang harus dipenuhi oleh perusahaan pengguna Motor Grader. Keduanya menunjukkan sertifikasi dalam mengoperasikan alat berat. Dimana SIA menyangkut kredibilitas perusahaan dalam menggunakan Motor Grader. Sementara SIO Motor Grader yaitu menyangkut sertifikasi perorangan dalam mengoperasikan Motor Grader.


Dengan adanya kedua sertifikasi tersebut, sebuah perusahaan ataupun industri serta tenaga operasional yang ada pada perusahaan tersebut, bisa disebut layak untuk mengoperasikan sebuah Motor Grader ataupun alat berat lainnya. 


Maka dari itu, SIO dan SIA ini menjadi elemen yang cukup penting dalam pengoperasian sebuah Motor Grader. Keduanya tak bisa dipisahkan, dan menjadi satu kesatuan. Karena meskipun perusahaan/industri tersebut telah memiliki SIA. Namun selama tenaga operasionalnya belum memiliki SIO. Maka otomatis, perusahaan tersebut belum layak dalam menggunakan Motor Grader.


Pengertian SIO Motor Grader Dan Perbedaannya Dengan SIA


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa SIO dan juga SIA merupakan elemen penting dan tidak bisa dipisahkan dalam pengoperasian sebuah Motor Grader. Secara umum, SIO merupakan kependekan dari Surat Izin Operator. Sementara SIA adalah Surat Izin Alat, untuk mengoperasikan alat-alat berat.


Dengan demikian, SIA hanya diperuntukkan bagi perusahaan/industri yang menggunakan Motor Grader saja. Sementara SIO dikhususkan bagi perorangan, yang telah dan ingin bekerja dalam pengoperasian alat-alat berat. Termasuk diantaranya Motor Grader ini.


Dari penjelasan tersebut, kiranya telah bisa memberikan sedikit gambaran dari kedua sertifikasi tersebut. Dimana, keduanya dibedakan berdasarkan orang ataupun perusahaan yang mengoperasikannya.

Berbeda dengan SIA, yang pembuatannya merupakan sebuah tanggung jawab sebuah perusahaan. Maka, SIO Motor Grader lebih ditekankan terhadap perorangan. Artinya, setiap orang ataupun individu yang ingin bekerja sebagai tenaga operator Motor Grader ataupun alat berat lainnya, wajib memiliki serifikasi SIO. Bagaimana syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIO ini ? bisa Anda simak dalam pembahasan di bawah ini.

SIO Motor Grader Berikut Persyaratannya

Bagi operator Motor Grader ataupun alat berat lainnya, SIO merupakan elemen penting yang wajib dimilki. Karena dengan SIO ini, sebuah perusahaan akan bisa menilai apakah orang ataupun operator tersebut memang layak bekerja di perusahaan tersebut ataukah tidak. Tentunya dalam posisi sebagai tenaga operator forklit ini.

Lalu bagaimana persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat SIO ini ? selengkapnya bisa dilihat dalam ulasan berikut ini. Diantaranya :

  • Memiliki surat pengantar dari perusahaan. Surat pengantar dari perusahaan tersebut ditujukan kepada direktur pengawasan norma K3, dengan bentuk kop surat.
  • Memiliki sertifikat pelatihan Motor Grader yang telah di scan.
  • Untuk SIO yang akan diperpanjang, Anda diharuskan untuk menunjukkan surat penunjukkan sebagai tenaga ahli K3 ataupun SIO sebelumnya.
  • Memiliki surat kewenangan yang telah di scan.
  • Menyertakan kartu identitas yang telah di scan. Kartu identitas ini bisa berupa KTP, kartu SIM maupun paspor. Khusus untuk paspor, ditujukan bagi warga negara asing yang ingin membuat SIO di Indonesia. Meskipun memang, terkadang, pembuatan SIO ini lebih diprioritaskan bagi warga negara Indonesia terlebih dahulu.
  • Menyertakan pas foto ukuran 3x4, dalam format JPG, serta
  • Menyertakan laporan P2K3 selama 3 bulan terakhir.

Cara Membuat SIO Motor Grader 

 

Cara membuat SIO Motor Grader ini biasanya dilakukan dengan mengikuti sebuah tes ataupun ujian terlebih dahulu. Biasanya dilakukan dalam forum khusus yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja. Namun ada juga, yang dilakukan oleh sebuah lembaga pelatihan, yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja. Sementara untuk perpanjangan, Anda tidak perlu mengikuti tes ataupun ujian lagi. 

Untuk biayanya sendiri, SIO ini tidak dipungut biaya alias gratis. Baik untuk pembuatan maupun untuk perpanjangan. Namun dalam berbagi hal, ada juga individu ataupun perorangan yang mengandalkan jasa pembuatan SIO Motor Grader. Sehingga pembuatannya menjadi lebih mudah. Biaya untuk pembuatan SIO melalui jasa ini biasanya berkisar antara 1 juta hingga 3 juta rupiah.


Mengingat sangat pentingnya SIO sebagai syarat untuk mengoperasikan foklift dalam sebuah perusahaan. Maka tentunya, hal ini menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh semua tenaga operator Motor Grader. Begitu juga dengan tenaga-tenaga operator Motor Grader yang ada pada PT Sarana Mitra Luas. Semua tenaga operator yang bekerja pada perusahaan ini, telah memiliki sertifikasi SIO Motor Grader. Sehingga bisa menggunakan Motor Grader perusahaan secara aman dan legal.

Kelayakan suatu alat ditunjang dengan operator alat yang sesuai adalah salah satu kriteria SMK3 Sistem Manajemen K3 hal ini sangat berkaitan dengan meningkatnya pembangunan melalui jasa konstruksi dan teknologi itu sendiri dinperusahaan kontraktor dan perusahaan perusahaan industri, penggunaan pesawat / alat angkat dan angkut merupakan bagian integral dalam pelaksanaan dan peningkatan proses pelaksanaan produksi di suatu perusahaan.

Proses pelaksanaan produksi yang dimaksud yaitu proses dalam pembuatan, pemasangan, pemakaian, perawatan pesawat angkat dan angkut yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah produk sesuai dengan perencanaan.
Untuk urusan Sertifikat Alat SIA dan juga Sertifikasi Operator Alat angkat angkut pemerintah telah mengeluarkan PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985, perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat angkat dan angkut.

Pada umumnya dikatan bahwa Pesawat / Alat Angkat dan Angkut adalah suatu peralatan yang sangat digunakan untuk proses perusahaan industri khususnya dalam melakukan pemindahan barang.
Pesawat / Alat Angkat dan Angkut merupakan Suatu peralatan teknik yang memiliki tingkat resiko bahaya tinggi, yang bisa memicu terjadinya kecelakaan kerja, bilamana tidak dipelihara, diperhatikan dan ditangani secara baik dan benar.

Bagi Anda yang tidak berkecimpung di dunia konstruksi alat-alat berat. Tentunya mendengar SILO Motor Grader terdengar seperti sesuatu yang baru. Namun jika Anda terbiasa dengan bidang konstruksi Motor Grader serta alat-alat berat lainnya. Tentunya, hal ini sudah menjadi hal yang biasa. Seperti diketahui, SILO merupakan kependekan dari Surat Izin Layak Operasi.

About the author
Konsultan Bisnis Profesional

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis berpengalaman yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan dan pengusaha dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang kuat, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

Pengalaman:

Cut Hanti telah bekerja sebagai konsultan bisnis selama lebih dari 10 tahun. Selama karier profesionalnya, ia telah bekerja dengan berbagai perusahaan, mulai dari startup hingga perusahaan besar, di berbagai sektor industri. Pengalaman luas ini membantu Cut Hanti memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh berbagai jenis bisnis.

Jasa Konsultasi:

Sebagai seorang konsultan bisnis, Cut Hanti menawarkan berbagai jasa konsultasi, termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, manajemen operasional, dan pengembangan bisnis secara keseluruhan. Ia bekerja erat dengan klien untuk memahami kebutuhan unik mereka dan menyusun rencana yang sesuai untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Penulis Artikel di hse.co.id:

Selain menjadi seorang konsultan bisnis, Cut Hanti juga berbagi pengetahuannya melalui menulis artikel untuk hse.co.id. Dalam tulisannya, ia berbagi wawasan, tips, dan informasi berguna tentang memulai dan mengelola bisnis, serta berbagai aspek lain yang berkaitan dengan dunia bisnis.

Komitmen:

Cut Hanti sangat berkomitmen untuk membantu klien mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka. Ia percaya bahwa dengan pendekatan yang tepat dan strategi yang baik, setiap bisnis memiliki potensi untuk berkembang dan mencapai hasil yang menguntungkan.

Tim kami siap membantu Anda untuk mendapatkan SIA Surat Ijin Alat & SIO Surat Ijin Operator

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan tentang perizinan dan pembuatan SIA Surat Ijin Alat & SIO Surat Ijin Operator/p>

Artikel Lainnya berkaitan dengan Motor Grader

Pelatihan & Sertifikasi Surat Ijin Operator (SIO) Sertifikasi Kemnaker RI, Terdaftar di TemanK3